In adalah pembahasan ke 4 dari seri Algorithma Path Finding. Pembahasan pertama bisa Anda baca pada tautan ini.
Sekarang kita akan melanjutkan dengan menggabungkan keduanya. Kita akan mencari jalur pada posisi yang diklik pada kanvas yang bersifat responsif.
Hasil nya bisa Anda dicoba di sini.
Silahkan buka linknya, dan ubah ukuran browsernya kemudian klik pada kanvas. Anda bisa lihat bagaimana algorithma path-finding ini bekerja pada ukuran kanvas yang berbeda-beda.
Kode sumber bisa diunduh di sini
Atau Anda bisa mencoba mengedit kodenya secara langsung disini:
Mendeteksi posisi yang di klik pada kanvas yang bersifat responsif memiliki tantangan tersendiri. Hal ini karena kanvas tidak hanya memiliki ukuran yang berbeda-beda namun juga memiliki posisi yang berbeda-beda pula.
Kode sumber dari pembahasan kali diambil dari dua tulisan sebelumnya dengan sedikit perubahan. Disini saya akan membahas perubahannya saja. Sisanya sama saja dan bisa dilihat pada artikel sebelumnya, atau anda bisa mengunduh kode sumbernya.
canvas.onclick = (e) => {
let rect = canvas.getBoundingClientRect();
let poslx = (e.clientX - rect.x) * canvasScaleX;
let posly = ((e.clientY - rect.y) * canvasScaleY);
let posx = Math.floor(poslx / 32);
let posy = Math.floor(posly / 32);
bersihkanLayar();
hasil = pfCariJalan(1, 1, posx, posy);
gambarPeta();
gambarJalan(hasil);
};
Perubahan yang paling mendasar adalah pada saat canvas.onclick(). Pada tulisan sebelumnya kita mencari posisi klik di kanvas dengan menggunakan e.clientX dan e.clientY saja. Hal ini tidak berlaku untuk kanvas yang responsif.
Proses penghitungannya sbb:
Pertama kita mencari dulu posisi kanvas dilayar. Posisi kanvas sekarang selalu berada di tengah menyesuaikan dengan dimensi layar.
let rect = canvas.getBoundingClientRect();
getBoundingClientRect() akan menghasilkan posisi, panjang dan lebar kanvas. Kemudian kita menggunakan nilainya untuk melakukan perhitungan selanjutnya.
let poslx = (e.clientX - rect.x) * canvasScaleX;
let posly = (e.clientY - rect.y) * canvasScaleY;
let posly = (e.clientY - rect.y) * canvasScaleY;
e.clientX dan e.clientY adalah posisi diklik di layar, bukan di kanvas..
rect.x dan rect.y adalah posisi kanvas.
canvasScaleX dan canvasScaleY adalah skala dari kanvas yang dihitung saat kanvas diskala mengikuti ukuran layar. Anda bisa melihat pada fungsi resize() saat kanvas diskala
let posx = Math.floor(poslx / 32);
let posy = Math.floor(posly / 32);
let posy = Math.floor(posly / 32);
Karena kita menggunakan grid dengan panjang dan lebar 32 maka nilai posisi akhirnya kita bagi 32.
Selanjutnya seperti biasa, kita melakukan proses pencarian jalur, update kanvas, dst seperti pada tulisan sebelumnya.
Pada tulisan berikutnya, Saya akan membahas bagaimana membuat karakter berjalan mengikuti jalur yang telah dibuat oleh algorithma path-finding.
Pada tulisan berikutnya, Saya akan membahas bagaimana membuat karakter berjalan mengikuti jalur yang telah dibuat oleh algorithma path-finding.
Terima kasih sudah mampir dan membaca. Bila ada pertanyaan, silahkan bertanya di komentar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar