Minggu, 09 Agustus 2020

Macam kanvas responsif

Tulisan ini akan membahas macam kanvas responsif. Responsif disini maksudnya adalah kanvas itu akan berubah ukurannya mengikuti resolusi layar. Hal ini sangat penting dalam pembuatan aplikasi pada telepon genggam karena banyaknya resolusi yang dimiliki.

Secara umum ada empat macam pendekatan untuk responsif yang pernah Saya temui. Tiga pertama sering dipakai di applikasi umum sedangkan yang terakhir hanya saya temukan di aplikasi Animate. Saya tidak membahas yang terakhir karena penggunaannya kurang umum dan Saya kurang paham juga.


Yang pertama disebut letterbox, pan atau kotak. Memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
Rasio kanvas tetap
Kanvas diskala hingga memenuhi layar, tapi tidak sampai membuat gambar melebihi layar.
Ada jeda kosong di pinggir samping atau atas, karena rasio kanvas dan layar kadang tidak sama.

Yang kedua disebut strecth atau melar.
Rasio kanvas tidak dijaga, membuat gambar tampak melar tidak merata.
Kanvas diskala hingga memenuhi layar.
Tidak ada jeda kosong.

Yang ketiga disebut background atau cover, atau layar-penuh
Rasio kanvas tetap
Kanvas diskala memenuhi layar hingga melebihi layar dan gambar terpotong.
Tidak ada jeda kosong.

Penjelasan Saya cukupkan sampai sini dulu, berikutnya kita akan membahas yang pertama di tulisan berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar