Ini adalah pembahasan ke 8 dari seri Algorithma Path Finding. Pembahasan pertama bisa Anda baca pada tautan ini.
Pada pembahasan sebelumnya kita membahas tentang A * (Star). A Star path finding menghasilkan jalur yang lebih optimal dari sebelumnya.
Pada pembahasan kali ini, Saya tidak membahas hal yang baru. Saya hanya melakukan bersih-bersih rumah. Pembahasan kita sampai saat ini sudah semakin kompleks dan sudah mencapai titik dimana kita perlu mengadakan perapihan sebelum membahas pembahasan yang lebih mendalam lagi.
Kode sumber yang sudah dirapikan bisa di unduh disini.
Apa saja yang berubah?
Perubahan pada file index.html
Saya merapikan css nya, dan menambahkan style baru pada elemen kanvas. Saya suka dengan style piksel dan senang bekerja pada resolusi rendah. Selama ini tampilannya cenderung nge-blur karena hal ini. Untuk itulah Saya menambahkan style pada canvas agar lebih ber-piksel
canvas {
position: absolute;
image-rendering: -moz-crisp-edges;
image-rendering: -webkit-crisp-edges;
image-rendering: pixelated;
image-rendering: crisp-edges;
}
Kemudian saya menyederhanakan struktur html dengan menghapus semua atribut pada elemen kanvas.
<canvas></canvas>
Semua atribut pada kanvas akan diatur dari pemrograman.
Penambahan file Data.js
Saya menambahkan file Data.js yang akan menampung semua variabel. Awalnya variabel dismpan jadi satu dengan file Game.js. Kita sekarang memisahkan antara data dengan logika dan alur dari program.
Pada file ini, Saya juga menambahkan variabel baru yaitu gp dan gl. Masing-masing berisi informasi mengenai resolusi game. Sekarang kita akan mengontrol resolusi dari sini.
Dan beberapa perubahan kecil lainnya yang tidak bisa dibahas satu persatu.
Sekarang struktur kita sudah siap, dan kita siap untuk membahas algorithma ini ke arah yang lebih kompleks lagi.
Terima kasih sudah mampir dan membaca.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar