Senin, 28 September 2020

HAGL - Library WebGL Sederhana

Awalnya Saya hanya ingin mencari library WebGL yang fokus ke rendering, dan sudah nemu juga, namanya PIXI.js. PIXI.js sangat bagus sekali, sangat recomended. Tapi PIXI punya masalah yang Saya kurang sreg, yaitu ukurannya yang terlalu besar, yaitu hampir 1/2 MB. Terlau besar, menurut Saya untuk sebuah library. Padahal target saya, ukurannya gak lebih besar dari 100 kb. 

Setelah mempertimbangkan masak-masak, akhirnya Saya memutuskan untuk membuat library WebGL sendiri. Library ini Saya beri nama HAGL.

HAGL adalah sebuah library sederhana untuk menggambar menggunakan WebGL di browser.

HAGL bukan game enggine, tapi bisa digunakan untuk merender game, khususnya game 2D.

HAGL bisa untuk menggambar image, tileset, ataupun spritesheet.

HAGL bukan 3d enggine. HAGL hanya memfokuskan pada fungsi utama dari WebGL sebagai rasterising engine. Cocok untuk game 2D di browser yang butuh performa tambahan untuk menggambar.


Cara penggunaannya sangat sederhana:

var gl = new Hagl(canvas);
gl.drawImage(image, x, y);

Atau bisa juga pakai pilihan

var gl = new Hagl(canvas);
gl.drawImage(image, x, y, {pilihan})

pilihan yang tersedia antara lain:
skala, rotasi, alpha, offset, dan textureUV.

Contoh penggunaan tersedia dalam demo yang bisa dicoba disini:
https://hagarden.blogspot.com/p/blog-page.html

Saat ini fitur dan demonya masih sedikit. Saya akan menambahkan sedikit demi sedikit pada update-update selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar